13 Juli 2012

Cara Memulai Bisnis Makanan

. 13 Juli 2012

Banyak orang yang sukses dengan bisnis makanan, namun banyak juga yang bangkrut. Sebelum berkecimpung, sebaiknya anda pahami dulu cara memulai bisnis makanan ini. Rumuskan dulu makanan apa yang hendak dijual? Adakah pesaing? Apakah ada peluang? Buka dimana? 

1. Makanan apa? Pada tahap ini calon pebisnis sering bingung untuk menentukan produknya. Mereka terus mencari cara memulai bisnis makanan yang akan laris. Untuk jenis makanan, asal kita pandai memasaknya bisa dibisniskan. Bisa soto, gorengan, kue, kerupuk, dan lainnya yang memang kita ahli memasaknya. 

2. Adakah pesaing? Sebelum memulai bisnis makanan, pastikan di lokasi yang akan Anda buka tidak ada pesaing. Kecuali masakan kita memang terbukti lebih enak dari pesaing yang telah lebih dahulu bisnis. 

3. Adakah peluang? Anda harus melihat peluang di tempat anda sebelum memulai bisnis makanan. Jika telah banyak jualan soto, bisnis anda akan sulit cepat berkembang. Jika di daerah anda banyak anak kecil, peluangnya bisnis makanan jajanan anak-anak. Lihat peluang yang ada dan sesuaikan dengan keahlian memasak Anda. 

4. Tempat. Jika anda merasa telah siap memulai bisnis makanan, sekarang tentukan dimana tempat yang strategis. Setelah menetapkan tempat, buatlah sebuah ciri khas bisnis makanan anda. Bisa dengan merk tempat usaha, kemasan, atau lainnya yang berbeda dengan bisnis makanan lainnya. 

5. Harga. Selanjutnya cara memulai bisnis makanan, dengan menetapkan harga yang pantas sesuai dengan penghitungan modal, tenaga kerja (jika mempekerjakan orang lain). Jangan terburu-buru mengejar keuntungan besar. 

6. Promosi. Promosi yang efektif dari mulut ke mulut. Makanan yang enak dan layanan yang baik memuluskan langkah anda untuk memulai bisnis makanan. Pembeli yang puas akan datang lagi dan bercerita dengan orang lain. Untuk awal, baik juga untuk promosi dengan memberikan penawaran khusus dengan mendatangi kantor-kantor dan lainnya. 

7. Pembukuan. Tanpa merencanakan pembukuan, bisnis makanan Anda kurang terpantau. Anda tidak akan kesulitan untuk memantau perkembangan bisnis makanan Anda. Parahnya kalau sampai tidak tahu untung atau rugi. 

Demikian tentang cara memulai bisnis makanan. Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan di komentar. Bagi rekan-rekan yang telah berpengalaman cara memulai bisnis makanan juga sangat diharapkan bisa berbagi melalui komentar. Salam bisnis makanan!

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar/pesan di bawah ini... Mari berbagi informasi yang benar untuk semua. Saya akan balas secara berkala. Terima kasih

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com